3 perawatan dasar agar lansia tidak mengalami kulit kering

Kulit kering adalah masalah umum yang sering dialami oleh lansia. Kulit yang kering dapat membuat lansia merasa tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, perawatan kulit yang tepat sangat penting bagi lansia agar kulit mereka tetap sehat dan lembut.

Berikut ini adalah 3 perawatan dasar agar lansia tidak mengalami kulit kering:

1. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat bisa membantu menjaga kelembapan kulit lansia. Hindari mandi dengan air panas karena dapat membuat kulit menjadi kering. Gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat membuat kulit kering. Setelah mandi, segera keringkan tubuh dengan lembut dan oleskan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Minum air yang cukup
Kulit yang sehat juga dipengaruhi oleh kadar air yang cukup dalam tubuh. Pastikan lansia cukup minum air setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Hindari minuman beralkohol dan kafein karena dapat membuat kulit menjadi kering.

3. Gunakan pelembab secara teratur
Pelembab adalah kunci utama dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembab yang mengandung bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia yang keras. Gunakan pelembab setiap hari, terutama setelah mandi dan sebelum tidur, untuk menjaga kulit tetap lembut dan sehat.

Dengan menjalankan perawatan dasar ini, lansia dapat mencegah kulit kering dan menjaga kesehatan kulit mereka. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Semoga artikel ini bermanfaat bagi lansia dan keluarga mereka dalam menjaga kesehatan kulit yang optimal.