7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda adalah bahan yang sering digunakan dalam dapur sebagai bahan pengembang kue atau sebagai bahan pembersih. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki banyak manfaat lain yang mungkin tidak banyak diketahui orang? Berikut adalah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mengatasi masalah pencernaan
Baking soda dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung dan perut kembung. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air hangat dan minum campuran ini untuk meredakan gejala tidak nyaman di perut.

2. Menghilangkan bau tidak sedap
Baking soda dapat digunakan sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh, sepatu, atau di ruangan. Cukup taburkan baking soda di area yang berbau tidak sedap dan biarkan selama beberapa waktu sebelum membersihkannya.

3. Membersihkan gigi
Baking soda dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi untuk membersihkan gigi dan menghilangkan noda. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu sikat gigi Anda dengan campuran ini untuk hasil yang bersih dan berkilau.

4. Mengatasi jerawat
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat dan peradangan kulit. Campurkan sedikit baking soda dengan air hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada area yang berjerawat selama beberapa menit sebelum dibilas.

5. Menghilangkan bau tidak sedap di kulkas
Baking soda dapat digunakan sebagai penghilang bau tidak sedap di kulkas. Letakkan wadah kecil berisi baking soda di dalam kulkas untuk menyerap bau tidak sedap dan menjaga makanan tetap segar.

6. Menghilangkan noda pada pakaian
Baking soda dapat digunakan sebagai penghilang noda pada pakaian. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada noda sebelum mencucinya untuk hasil yang bersih dan bebas noda.

7. Mengatasi gatal-gatal pada kulit
Baking soda dapat membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit seperti gigitan serangga atau reaksi alergi. Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada area yang gatal untuk meredakan rasa gatal.

Itulah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum banyak diketahui orang. Selain sebagai bahan pengembang kue dan pembersih, baking soda ternyata memiliki banyak manfaat lain yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba manfaat baking soda ini di rumah Anda.