Ahli: Kandungan gizi daging nabati berbeda dengan daging hewan

Daging nabati dan daging hewan merupakan dua jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, ada perbedaan yang signifikan dalam kandungan gizi antara kedua jenis daging ini. Ahli gizi menekankan pentingnya memahami perbedaan ini agar kita dapat membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Daging nabati, atau juga dikenal sebagai protein nabati, merupakan sumber protein yang berasal dari tumbuhan. Contoh daging nabati antara lain adalah tahu, tempe, dan seitan. Daging nabati memiliki kandungan protein yang tinggi, namun rendah lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, daging nabati juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral, seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.

Di sisi lain, daging hewan, atau protein hewani, memiliki kandungan protein yang tinggi namun juga tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Konsumsi daging hewan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Oleh karena itu, ahli gizi menyarankan untuk membatasi konsumsi daging hewan dan lebih memilih daging nabati sebagai sumber protein utama.

Daging nabati juga dapat menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan, karena produksinya tidak memerlukan penggundulan hutan dan pemakaian air yang besar seperti produksi daging hewan. Dengan memilih daging nabati, kita dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun daging nabati memiliki banyak manfaat, kita tetap harus memperhatikan asupan gizi secara keseluruhan. Kombinasi yang seimbang antara protein nabati, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dalam mengambil keputusan tentang jenis daging yang akan dikonsumsi, konsultasikanlah dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Dengan memilih daging nabati sebagai alternatif, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan, serta memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan planet ini.