Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Ahli Rekomendasikan Lansia Banyak Konsumsi Makanan Berprotein

Lansia adalah kelompok usia yang rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka, ahli gizi merekomendasikan agar lansia banyak mengonsumsi makanan berprotein.

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan, memperkuat otot, dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Pada lansia, protein juga memiliki peran penting dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Ada banyak sumber protein yang bisa dikonsumsi oleh lansia, seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu. Ahli gizi merekomendasikan agar lansia mengonsumsi protein dari berbagai sumber untuk memastikan asupan nutrisi yang seimbang.

Selain itu, lansia juga disarankan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup setiap hari. Menurut para ahli gizi, lansia membutuhkan sekitar 1-1,2 gram protein per kilogram berat badan setiap hari. Jadi, jika berat badan lansia adalah 60 kilogram, maka mereka sebaiknya mengonsumsi sekitar 60-72 gram protein setiap hari.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis protein cocok untuk lansia. Beberapa jenis daging merah dan makanan olahan yang tinggi lemak jenuh sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Sebaliknya, lansia sebaiknya memilih sumber protein yang rendah lemak dan tinggi serat, seperti ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Dengan mengonsumsi makanan berprotein secara cukup dan seimbang, lansia dapat menjaga kesehatan tubuh mereka dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Jadi, jangan ragu untuk memberikan makanan berprotein pada lansia di sekitar kita agar mereka tetap sehat dan bugar dalam menjalani hari-hari mereka.