Diet Mediterania bisa turunkan kecemasan dan stres pada lansia

Diet Mediterania sudah lama dikenal sebagai pola makan yang sehat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet ini juga dapat membantu menurunkan kecemasan dan stres pada lansia.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University College London menemukan bahwa lansia yang mengikuti pola makan Mediterania memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah daripada lansia yang tidak mengikuti diet tersebut. Pola makan Mediterania dikenal kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan. Diet ini juga menghindari makanan olahan, daging merah, dan gula tambahan.

Para peneliti berpendapat bahwa kandungan nutrisi dalam makanan yang termasuk dalam diet Mediterania dapat memengaruhi aktivitas neurotransmitter dalam otak, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat kecemasan seseorang. Selain itu, pola makan yang sehat juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan meredakan peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada munculnya kecemasan dan stres.

Selain itu, diet Mediterania juga dikenal dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan mencegah berbagai penyakit kronis lainnya. Dengan demikian, mengikuti pola makan Mediterania tidak hanya dapat membantu menurunkan kecemasan dan stres pada lansia, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Untuk itu, penting bagi lansia dan juga orang-orang di segala usia untuk memperhatikan pola makan mereka dan memilih makanan yang sehat dan bergizi. Dengan mengikuti diet Mediterania, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, serta mengurangi risiko munculnya berbagai masalah kesehatan yang dapat mengganggu kualitas hidup kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk menjaga pola makan yang sehat.