Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Anak dengan alergi susu sapi merupakan kondisi yang tidak jarang terjadi pada anak-anak. Alergi ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang beragam, mulai dari ruam kulit hingga gangguan pernapasan. Sebagai orang tua, sangat penting untuk memahami kondisi alergi anak dan menghindari pemicu alergi tersebut.

Salah satu pemicu alergi yang umum pada anak adalah susu sapi. Sebagai pengganti, banyak orang tua memilih memberikan susu kambing kepada anak alergi susu sapi. Namun, tahukah Anda bahwa anak dengan alergi susu sapi sebaiknya juga dihindari dari susu kambing?

Dokter mengatakan bahwa susu kambing mengandung protein yang mirip dengan protein susu sapi. Oleh karena itu, anak dengan alergi susu sapi juga berisiko mengalami reaksi alergi jika diberi susu kambing. Meskipun jumlah kasus alergi susu kambing lebih jarang terjadi dibandingkan alergi susu sapi, tetap penting untuk berhati-hati dalam memberikan susu kambing kepada anak dengan alergi susu sapi.

Sebagai gantinya, dokter merekomendasikan untuk mencari alternatif susu non-susu hewan, seperti susu kedelai, susu almond, atau susu oat. Pastikan untuk selalu membaca label kemasan dengan teliti dan memilih produk susu yang bebas dari protein susu hewan. Konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Selain itu, selalu perhatikan reaksi anak setelah mengonsumsi makanan atau minuman baru. Jika terdapat tanda-tanda reaksi alergi, segera hubungi dokter atau bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Ingatlah bahwa kesehatan anak adalah prioritas utama. Dengan memahami kondisi alergi anak dan mengikuti saran dari dokter, Anda dapat membantu menjaga kesehatan anak dan mencegah terjadinya reaksi alergi yang berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orang tua yang memiliki anak dengan alergi susu sapi.