Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan sering kali menyerang orang dewasa, terutama di usia 35-40 tahun ke atas. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mulai mencegahnya sejak dini dengan berkonsultasi kepada dokter.

Dokter adalah orang yang paling tepat untuk memberikan informasi dan saran mengenai cara mencegah penyakit jantung koroner. Mereka dapat memberikan pengetahuan tentang gaya hidup sehat yang harus kita terapkan, seperti pola makan sehat, olahraga teratur, dan menghindari kebiasaan merokok.

Selain itu, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memantau kondisi kesehatan jantung kita. Mereka dapat melakukan tes darah, tes tekanan darah, dan electrocardiogram (EKG) untuk mengetahui apakah kita berisiko terkena penyakit jantung koroner atau tidak.

Jika terdapat faktor risiko yang meningkat, seperti riwayat keluarga yang menderita penyakit jantung, diabetes, hipertensi, atau obesitas, dokter juga dapat memberikan pengobatan atau terapi yang diperlukan untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Selain berkonsultasi dengan dokter, kita juga perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol, menghindari makanan yang mengandung gula dan garam berlebih, serta rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini sejak usia 35-40 tahun ke atas, kita dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung kita dengan baik. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter dan mulailah hidup sehat sekarang juga!