Dokter: Perlu asesmen penumpang pesawat yang miliki riwayat jantung

Dokter: Perlu Asesmen Penumpang Pesawat yang Memiliki Riwayat Jantung

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang paling populer digunakan oleh masyarakat modern untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, bagi penumpang yang memiliki riwayat jantung, terbang dengan pesawat bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Riwayat jantung dapat meningkatkan risiko terjadinya kejadian yang tidak diinginkan selama penerbangan, seperti serangan jantung atau gangguan irama jantung. Oleh karena itu, sangat penting bagi penumpang yang memiliki riwayat jantung untuk melakukan asesmen kesehatan sebelum terbang dengan pesawat.

Seorang dokter yang berpengalaman dapat membantu mengevaluasi kondisi kesehatan penumpang yang memiliki riwayat jantung sebelum melakukan perjalanan udara. Asesmen ini bertujuan untuk mengetahui apakah penumpang tersebut dalam kondisi fisik yang cukup baik untuk terbang dengan pesawat, serta untuk menentukan langkah-langkah pencegahan yang perlu dilakukan selama penerbangan.

Selain itu, dokter juga dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada penumpang yang memiliki riwayat jantung tentang cara-cara agar tetap sehat selama penerbangan. Misalnya, penumpang tersebut disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berlemak dan berminyak sebelum terbang, serta untuk melakukan senam ringan atau berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat untuk menjaga kelancaran peredaran darah.

Dengan melakukan asesmen kesehatan sebelum terbang, penumpang yang memiliki riwayat jantung dapat mengurangi risiko terjadinya kejadian yang tidak diinginkan selama penerbangan. Oleh karena itu, penting bagi penumpang yang memiliki riwayat jantung untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan udara agar dapat terbang dengan aman dan nyaman.