Dosis vaksin dengue perlu dipenuhi agar efektif miliki kekebalan DBD

Vaksin dengue merupakan salah satu langkah preventif yang efektif untuk melindungi diri dari penyakit demam berdarah dengue (DBD). Namun, agar vaksin ini benar-benar efektif, dosis yang diberikan harus dipenuhi sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan.

Dosis vaksin dengue terdiri dari dua atau tiga kali suntikan, tergantung dari jenis vaksin yang digunakan. Biasanya, vaksin ini diberikan dengan jarak waktu beberapa bulan antara dosis pertama dan dosis kedua. Ada juga vaksin yang memerlukan dosis ketiga untuk mendapatkan kekebalan yang optimal.

Penting bagi kita untuk mematuhi jadwal pemberian dosis vaksin dengue ini. Jika dosis tidak dipenuhi, keefektifan vaksin dalam memberikan kekebalan terhadap virus dengue akan berkurang. Dengan demikian, kita masih dapat terkena penyakit DBD meskipun sudah divaksin.

Selain itu, perlu diingat bahwa vaksin dengue bukanlah satu-satunya cara untuk melindungi diri dari DBD. Upaya pemberantasan sarang nyamuk Aedes aegypti, vektor penyakit DBD, juga perlu dilakukan secara terus menerus. Menggunakan kelambu saat tidur, menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, dan menggunakan obat anti nyamuk juga merupakan langkah-langkah penting untuk mencegah DBD.

Dengan mematuhi dosis vaksin dengue dan melakukan upaya pencegahan lainnya, kita dapat melindungi diri dan keluarga dari penyakit mematikan ini. Jadi, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat dan bertanya kepada tenaga kesehatan mengenai vaksin dengue serta cara pemberiannya. Semoga kita semua terhindar dari penyakit DBD dan tetap sehat selalu.