IDAI: Keamanan pangan jadi faktor penting nutrisi anak

Keamanan pangan merupakan faktor penting yang berpengaruh pada nutrisi anak-anak. Hal ini disampaikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keamanan pangan dalam pemenuhan gizi anak.

Menurut IDAI, nutrisi yang seimbang dan berkualitas sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Namun, jika makanan yang dikonsumsi tidak aman, maka dapat berdampak buruk pada kesehatan anak. Oleh karena itu, keamanan pangan harus menjadi perhatian utama dalam menyediakan makanan bagi anak-anak.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan pangan adalah dengan memilih bahan makanan yang bersih dan bebas dari kontaminasi. Selain itu, proses pengolahan makanan juga harus dilakukan dengan benar dan higienis. IDAI juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat penyimpanan dan pengolahan makanan agar terhindar dari serangan bakteri dan virus yang dapat mengancam kesehatan anak.

Tak hanya itu, IDAI juga mengingatkan pentingnya memperhatikan label dan tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan yang dibeli. Makanan yang sudah kadaluarsa atau mengandung bahan berbahaya dapat membahayakan kesehatan anak jika dikonsumsi.

Dengan memperhatikan keamanan pangan, diharapkan kualitas nutrisi yang diterima anak-anak akan terjaga dengan baik. Sehingga, pertumbuhan dan perkembangan mereka dapat optimal dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan akibat konsumsi makanan yang tidak aman.

IDAI pun mengajak seluruh pihak, terutama orang tua, untuk senantiasa memperhatikan keamanan pangan dalam memberikan makanan kepada anak-anak. Dengan demikian, generasi muda Indonesia dapat tumbuh sehat dan cerdas dengan nutrisi yang baik dan aman.