IDAI: MPASI buatan sendiri lebih baik dari yang dijual di jalan

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) telah memberikan rekomendasi bahwa makanan pendamping ASI (MPASI) buatan sendiri lebih baik daripada makanan yang dijual di jalan. Rekomendasi ini diberikan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan makanan sehat dan bergizi bagi anak-anak.

Menurut IDAI, makanan yang dijual di jalan cenderung mengandung bahan tambahan yang tidak sehat dan tidak bergizi, seperti pengawet, pemanis buatan, serta garam dan gula berlebih. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan anak, seperti gangguan pencernaan, obesitas, dan berbagai penyakit lainnya.

Sebaliknya, MPASI buatan sendiri dapat memastikan bahwa makanan yang diberikan kepada anak mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan membuat MPASI sendiri, orangtua juga dapat memastikan kualitas bahan makanan yang digunakan, serta mengontrol jumlah garam, gula, dan lemak yang diberikan kepada anak.

IDAI juga menekankan pentingnya memberikan variasi makanan kepada anak saat memberikan MPASI, agar anak mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Orangtua disarankan untuk memberikan makanan yang beragam, mulai dari sayuran, buah-buahan, protein nabati dan hewani, serta karbohidrat.

Dengan memberikan MPASI buatan sendiri kepada anak, orangtua dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan anak dan membantu mereka tumbuh kembang dengan baik. IDAI juga mengimbau orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pola makan yang sehat dan bergizi bagi anak. Semoga dengan memberikan perhatian lebih terhadap makanan anak, kita dapat menciptakan generasi yang sehat dan kuat di masa depan.