IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan keprihatinan mereka terkait pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Meskipun telah ada kemajuan dalam bidang kesehatan anak, namun masih terdapat kesenjangan yang signifikan antara pelayanan kesehatan di kota-kota besar dan di daerah pedesaan.

Menurut IDAI, pelayanan kesehatan anak harus didistribusikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini penting karena setiap anak berhak mendapatkan akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, tanpa terkecuali.

Salah satu masalah utama dalam pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia adalah kurangnya tenaga medis yang berkualitas di daerah pedesaan. Banyak dokter dan tenaga kesehatan lainnya cenderung berpusat di kota-kota besar, meninggalkan daerah pedesaan yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang sama.

IDAI menegaskan pentingnya adanya kerjasama antara pemerintah, organisasi kesehatan, dan masyarakat dalam upaya pemerataan pelayanan kesehatan anak. Pemerintah perlu meningkatkan alokasi anggaran untuk kesehatan anak, serta memperkuat sistem kesehatan di daerah pedesaan.

Selain itu, IDAI juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan anak dan mendukung upaya pemerataan pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia. Dengan adanya peran aktif dari semua pihak, diharapkan pelayanan kesehatan anak di Indonesia dapat menjadi lebih merata dan berkualitas.

Dengan adanya sorotan dari IDAI terkait pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia, diharapkan pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia.