IDAI tekankan keamanan pangan cegah penyakit pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menegaskan pentingnya keamanan pangan dalam mencegah penyakit pada anak. Keamanan pangan menjadi hal yang sangat vital dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, karena makanan yang tidak aman bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan mereka.

Menurut IDAI, keamanan pangan melibatkan berbagai aspek mulai dari produksi, pengolahan, penyimpanan, distribusi, hingga konsumsi makanan. Semua tahapan tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar agar makanan yang dikonsumsi anak-anak aman dan sehat.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah adanya kontaminasi bahan makanan oleh mikroorganisme berbahaya seperti bakteri, virus, dan parasit. Kontaminasi ini bisa terjadi akibat kurangnya kebersihan saat proses produksi atau pengolahan makanan, serta penggunaan bahan makanan yang tidak segar atau sudah kadaluwarsa.

IDAI juga menekankan pentingnya memperhatikan label dan informasi kesehatan pada kemasan makanan yang dikonsumsi anak-anak. Orangtua perlu memastikan bahwa makanan yang dibeli sudah memiliki izin edar dari lembaga yang berwenang dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti pewarna sintetis, pengawet kimia, atau zat aditif lainnya yang dapat merugikan kesehatan anak.

Selain itu, IDAI juga menyarankan agar anak-anak diberikan makanan yang seimbang dan bergizi, serta tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan olahan yang mengandung banyak lemak jenuh dan gula. Orangtua juga perlu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Dengan memperhatikan keamanan pangan dan memberikan pola makan yang sehat, diharapkan dapat mencegah penyakit pada anak dan menjaga kesehatan mereka. IDAI siap memberikan informasi dan panduan kepada orangtua mengenai keamanan pangan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.