Kerentanan terhadap stres tingkatkan risiko psoriasis pada pria

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan pada kulit dan seringkali disertai dengan munculnya bercak merah serta sisik-sisik putih. Penyakit ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang dan mempengaruhi kualitas hidup mereka. Meskipun penyebab pasti dari psoriasis belum diketahui, namun beberapa faktor risiko telah diidentifikasi, salah satunya adalah stres.

Studi terbaru menunjukkan bahwa kerentanan terhadap stres dapat meningkatkan risiko terkena psoriasis pada pria. Stres dapat memicu reaksi inflamasi dalam tubuh yang kemudian dapat memicu munculnya gejala psoriasis. Selain itu, stres juga dapat memperburuk kondisi psoriasis yang sudah ada, sehingga membuat penyakit ini semakin sulit untuk diatasi.

Pria lebih rentan terhadap pengaruh stres dibandingkan wanita, sehingga risiko terkena psoriasis juga lebih tinggi pada pria. Hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan dalam cara pria dan wanita mengatasi stres. Pria cenderung lebih menerima stres secara fisik dan menekan emosinya, sedangkan wanita cenderung lebih terbuka dan mencari dukungan dari orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi pria untuk belajar cara mengelola stres dengan baik agar risiko terkena psoriasis dapat dikurangi. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain adalah dengan berolahraga secara teratur, meditasi, dan berbicara dengan orang-orang terdekat untuk mendapatkan dukungan. Selain itu, konsultasi dengan ahli kesehatan juga diperlukan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jika sudah terlanjur terkena psoriasis.

Dengan mengelola stres dengan baik, pria dapat mengurangi risiko terkena psoriasis dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Jadi jangan biarkan stres menguasai hidup Anda, belajarlah untuk mengatasi stres dengan baik agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga.