Kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak

Steak merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Namun, konsumsi steak yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama karena kandungan lemak yang tinggi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak.

Berikut adalah beberapa kiat agar Anda bisa menikmati steak tanpa harus khawatir akan kesehatan tubuh:

1. Pilih daging yang rendah lemak
Daging yang digunakan untuk membuat steak sangat berpengaruh terhadap kandungan lemak dalam makanan tersebut. Sebaiknya pilih daging yang rendah lemak, seperti tenderloin atau sirloin, daripada daging berlemak tinggi seperti rib eye atau T-bone.

2. Hindari saus yang berlemak
Saus yang sering disajikan bersama steak, seperti saus bernaise atau saus krim, mengandung banyak lemak dan kalori. Sebaiknya hindari saus-saus tersebut dan pilih saus yang lebih sehat, seperti saus tomat atau saus rempah-rempah.

3. Pilih cara memasak yang sehat
Cara memasak steak juga sangat berpengaruh terhadap kandungan lemak dalam makanan tersebut. Sebaiknya pilih cara memasak yang sehat, seperti dipanggang atau direbus, daripada digoreng atau dikukus.

4. Perhatikan porsi
Porsi juga sangat penting dalam konsumsi steak. Hindari makan steak dalam porsi yang besar dan sebaiknya pilih porsi yang lebih kecil agar tidak terlalu banyak mengonsumsi lemak.

Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, Anda dapat menikmati steak dengan lebih sehat dan rendah lemak. Selamat menikmati makanan Anda!