Kurang bersih saat hapus riasan mata dapat sebabkan penyakit hordeolum

Kurang bersih saat hapus riasan mata dapat sebabkan penyakit hordeolum

Hordeolum, atau yang lebih dikenal dengan nama bisul mata, adalah infeksi pada kelenjar sebaceous di sekitar mata. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam kelenjar sebaceous dan menyebabkan peradangan.

Salah satu faktor risiko terjadinya hordeolum adalah kurangnya kebersihan saat menghapus riasan mata. Ketika kita menggunakan makeup pada mata, terutama pada area kelopak mata dan sekitarnya, maka kotoran dan bakteri bisa menempel di area tersebut. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka bakteri tersebut dapat masuk ke dalam kelenjar sebaceous dan menyebabkan infeksi.

Untuk mencegah terjadinya hordeolum, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan saat menghapus riasan mata. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Gunakan produk pembersih mata yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
2. Gunakan kapas atau tisu bersih setiap kali menghapus riasan mata.
3. Hindari menggosok mata terlalu keras saat menghapus riasan.
4. Bersihkan wajah secara menyeluruh setelah menghapus riasan mata.
5. Jangan berbagi alat makeup dengan orang lain untuk mencegah penularan infeksi.

Jika sudah terlanjur mengalami hordeolum, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Biasanya hordeolum dapat diobati dengan obat tetes mata atau salep antibiotik, namun dalam beberapa kasus tertentu mungkin diperlukan tindakan medis lebih lanjut.

Jaga kebersihan mata dan area sekitarnya adalah langkah yang sangat penting untuk mencegah terjadinya hordeolum. Selalu ingat untuk selalu membersihkan riasan mata dengan baik dan hindari kebiasaan yang dapat menyebabkan infeksi pada mata. Kesehatan mata adalah hal yang sangat berharga, jadi jangan sampai terlupakan dalam rutinitas kecantikan sehari-hari.