Lima jenis diet sehat – ANTARA News

Ada banyak jenis diet yang beredar di masyarakat saat ini, namun tidak semuanya sehat dan aman untuk dilakukan. Berikut ini lima jenis diet sehat yang direkomendasikan oleh para ahli gizi:

1. Diet Mediterania
Diet Mediterania adalah pola makan yang terinspirasi dari negara-negara di sekitar Laut Tengah seperti Italia, Spanyol, dan Yunani. Diet ini mengutamakan konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun sebagai sumber lemak sehat. Diet ini juga mengurangi konsumsi daging merah, gula, dan makanan olahan. Diet Mediterania telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

2. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)
DASH adalah diet yang dirancang khusus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Diet ini mengutamakan konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. DASH juga mengurangi konsumsi garam dan makanan olahan. Diet ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Diet MIND (Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay)
Diet MIND adalah kombinasi dari Diet Mediterania dan DASH yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesehatan otak. Diet ini mengutamakan konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Diet MIND juga mengurangi konsumsi daging merah, makanan olahan, dan gula. Diet ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif lainnya.

4. Diet Vegetarian
Diet vegetarian adalah pola makan yang menghindari konsumsi daging dan produk hewani lainnya. Diet ini mengutamakan konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk nabati sebagai sumber protein. Diet vegetarian dapat membantu menurunkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

5. Diet Flexitarian
Diet flexitarian adalah kombinasi dari diet vegetarian dan pola makan yang mengizinkan konsumsi daging secukupnya. Diet ini mengutamakan konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk nabati, namun tetap memperbolehkan konsumsi daging sesekali. Diet flexitarian dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Sebelum memulai diet apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa diet tersebut aman dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Selalu ingat untuk tetap mengonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari jenis diet sehat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.