Mengenal dekubitus dan cara pencegahannya pada lansia

Dekubitus atau yang sering disebut dengan luka tekan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh lansia. Dekubitus biasanya terjadi akibat tekanan yang terus menerus pada kulit, terutama pada area yang sering terkena tekanan seperti tulang belikat, tumit, dan pinggul. Luka tekan ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit dan bahkan dapat menimbulkan infeksi serius.

Pencegahan dekubitus pada lansia sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dekubitus pada lansia:

1. Mengubah posisi tubuh secara teratur: Lansia yang sering terbaring atau duduk dalam waktu yang lama harus diubah posisinya setiap 2-3 jam sekali untuk mengurangi tekanan pada kulit.

2. Menjaga kebersihan kulit: Membersihkan kulit dengan lembut dan menjaga kelembapan kulit dapat membantu mencegah terjadinya dekubitus.

3. Menggunakan bantal atau alat penyangga: Menggunakan bantal atau alat penyangga di area yang sering terkena tekanan seperti tumit atau pinggul dapat membantu mengurangi tekanan pada kulit.

4. Memperhatikan gizi dan nutrisi: Memastikan lansia mendapatkan asupan gizi yang cukup dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka tekan.

5. Memeriksakan diri secara rutin: Lansia yang rentan terkena dekubitus sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya dekubitus secara dini.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan di atas, diharapkan dapat membantu mencegah terjadinya dekubitus pada lansia. Jika terdapat luka tekan yang sudah terbentuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu menjaga kesehatan lansia.