Pakar bantah kemasan AMDK berbahan polikarbonat sebabkan anak autis

Pakar kesehatan menolak klaim yang menyebutkan bahwa kemasan air minum dalam kemasan berbahan polikarbonat dapat menyebabkan autisme pada anak. Polikarbonat adalah bahan yang umum digunakan dalam kemasan air minum dan beberapa produk lainnya karena kekuatan dan kejernihannya.

Klaim bahwa polikarbonat dapat menyebabkan autisme tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Menurut pakar kesehatan, autisme adalah kondisi neurodevelopmental kompleks yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan, bukan hanya dari satu faktor tunggal seperti bahan kemasan.

Meskipun demikian, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa zat kimia tertentu yang digunakan dalam produksi polikarbonat, seperti bisphenol A (BPA), dapat memiliki efek negatif pada kesehatan. BPA telah dikaitkan dengan gangguan hormonal dan perkembangan pada manusia, meskipun masih diperdebatkan sejauh mana dampaknya.

Untuk mengurangi risiko paparan BPA, banyak produsen telah beralih ke bahan kemasan yang lebih aman seperti polietilen tereftalat (PET) atau polipropilena. Selain itu, konsumen juga disarankan untuk menghindari pemanasan makanan atau minuman dalam kemasan plastik, karena dapat meningkatkan lepasnya zat kimia berbahaya.

Sebagai orang tua, penting untuk selalu waspada terhadap produk yang digunakan oleh anak-anak, termasuk kemasan air minum. Namun, klaim bahwa polikarbonat dapat menyebabkan autisme perlu dipertanyakan dan tidak boleh menjadi alasan untuk menghindari produk-produk yang aman dan terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Konsultasikan dengan dokter atau pakar kesehatan jika memiliki kekhawatiran tentang penggunaan bahan kemasan tertentu.