Pakar gizi bagikan kiat konsumsi gula yang aman bagi anak

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, konsumsi gula yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak. Untuk itu, penting bagi para orangtua untuk memperhatikan jumlah konsumsi gula yang aman bagi anak.

Pakar gizi telah memberikan beberapa kiat untuk membantu orangtua dalam mengatur konsumsi gula anak. Pertama, batasi konsumsi gula tambahan. Gula tambahan sering terdapat dalam makanan dan minuman siap saji, seperti minuman bersoda, permen, dan kue kering. Orangtua sebaiknya membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan ini.

Kedua, pilihlah sumber gula yang sehat. Gula alami yang terdapat dalam buah-buahan segar, madu, dan susu merupakan pilihan yang lebih sehat daripada gula tambahan. Orangtua dapat memberikan camilan sehat berupa buah-buahan segar atau yogurt tanpa tambahan gula sebagai alternatif dari makanan yang mengandung gula tambahan.

Ketiga, perhatikan jumlah gula yang terdapat dalam makanan kemasan. Saat membeli makanan kemasan, pastikan untuk membaca label kandungan gula yang terdapat dalam produk tersebut. Hindari produk yang mengandung gula tambahan dalam jumlah yang tinggi.

Terakhir, ajarkan anak untuk memahami pentingnya mengatur konsumsi gula. Orangtua dapat memberikan pemahaman kepada anak tentang dampak buruk konsumsi gula berlebihan bagi kesehatan. Ajarkan anak untuk memilih camilan sehat dan menghindari makanan yang mengandung gula tambahan.

Dengan mengikuti kiat-kiat yang diberikan oleh pakar gizi, orangtua dapat membantu anak untuk mengatur konsumsi gula yang aman bagi kesehatan mereka. Jaga pola makan anak dengan baik dan pastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orangtua dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.