Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Sinar matahari yang terlalu terik dapat membuat kulit kita terbakar dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melindungi kulit kita dengan menggunakan produk tabir surya. Namun, seringkali kita bingung antara sunscreen dan sunblock, dan tidak tahu perbedaan keduanya.

Sunscreen dan sunblock sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sedangkan sunblock bekerja dengan menghalau sinar UV agar tidak masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya lebih ringan dan lebih mudah meresap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan sehari-hari. Sedangkan sunblock biasanya lebih tebal dan lebih tahan air, sehingga cocok digunakan untuk aktivitas di luar ruangan atau saat berenang.

Pemilihan antara sunscreen dan sunblock juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit kita. Jika kulit kita cenderung berminyak, sebaiknya memilih sunscreen dengan tekstur yang ringan agar tidak membuat kulit semakin berminyak. Namun, jika kulit kita sensitif atau mudah terbakar, sebaiknya memilih sunblock yang memiliki daya lindung yang lebih tinggi.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kandungan dan SPF (Sun Protection Factor) dari produk tabir surya yang kita pilih. Pastikan produk tersebut mengandung bahan-bahan yang aman dan sesuai dengan jenis kulit kita. Selain itu, pilihlah produk dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya SPF 30 untuk penggunaan sehari-hari dan SPF 50 untuk aktivitas di luar ruangan.

Dengan memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock, kita dapat memilih produk tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kita. Jangan sampai salah memilih produk tabir surya, karena perlindungan kulit dari sinar matahari sangat penting untuk kesehatan kulit kita.