Perempuan komunitas petani kopi diberdayakan lewat Bentani

Perempuan merupakan salah satu pilar penting dalam dunia pertanian, termasuk dalam dunia petani kopi. Namun, seringkali perempuan petani kopi masih belum mendapatkan pengakuan dan dukungan yang layak untuk mengembangkan potensi dan peran mereka dalam kegiatan pertanian.

Untuk mengatasi hal ini, sebuah inovasi baru telah diluncurkan untuk memberdayakan perempuan petani kopi, yaitu melalui program Bentani. Program Bentani merupakan sebuah platform digital yang bertujuan untuk memberikan edukasi, pelatihan, dan akses pasar bagi para petani kopi, termasuk perempuan.

Melalui program Bentani, perempuan petani kopi dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam mengelola kebun kopi mereka, mulai dari teknik budidaya yang baik hingga pengolahan pasca panen. Selain itu, program Bentani juga memberikan akses pasar yang lebih luas bagi produk kopi yang dihasilkan oleh para petani, sehingga mereka dapat memperoleh pendapatan yang lebih baik.

Dengan adanya program Bentani, perempuan petani kopi di Indonesia semakin diakui dan didukung dalam mengembangkan potensi mereka dalam dunia pertanian. Mereka tidak hanya sebagai penopang keluarga, namun juga sebagai agen perubahan yang dapat memberikan kontribusi positif dalam memajukan sektor pertanian kopi di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya program Bentani, perempuan petani kopi dapat semakin mandiri dan berdaya, serta mampu bersaing dalam pasar kopi global. Selain itu, diharapkan pula peran perempuan dalam dunia pertanian semakin dihargai dan diperhitungkan, sehingga mereka dapat meraih kesuksesan dan kesejahteraan yang layak sebagai petani kopi.