Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Soda kue dan baking powder merupakan dua bahan yang sering digunakan dalam proses pembuatan kue. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya perbedaan antara kedua bahan ini?

Soda kue, atau yang sering disebut juga sebagai baking soda, merupakan bahan yang bersifat basa dan digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Soda kue bekerja dengan cara menghasilkan gas karbon dioksida ketika bereaksi dengan asam atau panas. Gas ini lah yang membuat adonan kue mengembang dan menjadi lebih ringan. Soda kue biasanya digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan-bahan asam seperti yogurt, jeruk, atau coklat.

Sementara itu, baking powder merupakan campuran antara soda kue dan asam tartar (cream of tartar) yang telah diaktivasi. Baking powder sudah mengandung asam di dalamnya sehingga tidak memerlukan asam tambahan untuk mengaktivasinya. Baking powder biasanya digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan-bahan asam, seperti kue bolu atau kue brownies.

Perbedaan utama antara soda kue dan baking powder terletak pada cara kerjanya. Soda kue memerlukan asam tambahan untuk mengaktivasinya, sedangkan baking powder sudah mengandung asam di dalamnya. Oleh karena itu, penggunaan kedua bahan ini harus sesuai dengan resep kue yang akan dibuat.

Jadi, jika Anda sedang membuat kue dan tidak yakin apakah harus menggunakan soda kue atau baking powder, pastikan untuk memahami perbedaan di atas agar kue yang Anda buat bisa berhasil dan sesuai dengan yang diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam memahami perbedaan antara soda kue dan baking powder. Selamat mencoba membuat kue!