Stop beri obat manusia ke anabul, ternyata bisa jadi racun

Stop Beri Obat Manusia ke Hewan Anabul, Ternyata Bisa Jadi Racun

Pemberian obat-obatan manusia kepada hewan anabul seperti sapi, kambing, dan ayam seringkali dilakukan oleh para peternak untuk mengobati penyakit yang menyerang hewan ternak mereka. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini sebenarnya bisa berbahaya dan berpotensi menjadi racun bagi hewan tersebut?

Menurut para ahli kesehatan hewan, obat-obatan yang diberikan kepada manusia memiliki dosis dan komposisi yang berbeda dengan obat-obatan yang khusus dirancang untuk hewan. Sehingga, pemberian obat-obatan manusia kepada hewan anabul bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, bahkan bisa berujung pada keracunan.

Salah satu contoh yang sering terjadi adalah pemberian antibiotik manusia kepada hewan anabul. Antibiotik yang seharusnya diberikan sesuai dosis dan jenis yang tepat untuk hewan ternak, jika diberikan dalam dosis yang tidak sesuai atau jenis yang salah bisa menyebabkan resistensi obat atau keracunan pada hewan tersebut.

Tidak hanya itu, pemberian obat-obatan manusia kepada hewan anabul juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada manusia yang mengonsumsi produk hewan tersebut. Misalnya, jika hewan anabul yang diberi obat-obatan manusia tersebut diolah menjadi produk daging yang dikonsumsi oleh manusia, maka residu obat-obatan yang ada dalam daging tersebut juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, para peternak dan pemilik hewan anabul harus lebih berhati-hati dalam memberikan obat-obatan kepada hewan ternak mereka. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan atau petugas kesehatan hewan terkait jenis dan dosis obat yang sesuai untuk hewan tersebut. Jangan sembarangan memberikan obat-obatan manusia kepada hewan anabul, karena hal tersebut bisa berakibat fatal bagi kesehatan hewan dan manusia. Stop beri obat manusia ke hewan anabul, lindungi kesehatan mereka dan juga kesehatan kita.